Ketahui Macam-Macam Ekosistem di Bumi dan Komponen Pembentuknya

Spread the love

Ekosistem adalah sebuah tatanan kesatuan yang utuh serta menyeluruh antara semua unsur lingkungan dari mulai sel hewan hingga yang terbesar yang mana saling mempengaruhi satu sama lain. Secara sederhana bisa Kita pahami bahwa ekosistem adalah sekumpulan hewan dan tumbuhan yang saling bergantung satu sama lainnya.

Beberapa Jenis Ekosistem Yang Harus Kita Ketahui

Dalam ekosistem, dikenal ada beberapa jenis ekosistem yang memiliki perbedaan hewan yang hidup di dalamnya. Perbedaan tersebut tentulah karena ekosistem tersebut memiliki suhu udara, tempat dan ruang yang berbeda yang mana hanya hewan atau tumbuhan tertentu saja yang bisa hidup di sana.

  1. Terumbu karang

Jenis ekosistem yang pertama yang terdiri dari jutaan makhluk sel hewan hidup yang ada di laut dengan ukuran kecil. Banyak ikan beraneka warna yang sangat menyukai berenang di area sekitar karang.

  1. Lahan basah

Ini adalah sebuah lahan yang tertutupi oleh air dalam jangka waktu lama sekitar beberapa bulan lamanya dalam setahun. Diantara tempat yang disebut lahan basah salah satunya adalah rawa-rawa. Menjadi tempat tinggal banyak jenis hewan, termasuk diantaranya adalah kijang roe.

  1. Padang rumput

Merupakan sebuah padang yang luas yang mana memiliki hamparan rumput hijau yang subur. Biasanya ini disebut sabana, yang menjadi ekosistem untuk hidup para gajah.

  1. Hutan

Jenis ekosistem yang selanjutnya adalah hutan. Adalah sebuah lahan yang luas yang memiliki banyak pohon di dalamnya. Adapun untuk hutan yang terletak di dekat khatulistiwa memiliki sebutan hutan hujan. Yang mana di dalamnya terdapat burung dengan aneka warna yang cantik.

  1. Gunung

Ada banyak gunung yang tersebar di berbagai belahan dunia, dari mulai gunung yang terdiri dari perbukitan hingga gunung bebatuan. Di gunung batu, ada banyak hewan yang hidup dan naik turun dengan mudah menggunakan kuku khusus mereka.

  1. Gurun

Jika tadi Kita membahas sebuah padang yang luas yang terhampar rumput hijau yang subur, kebalikannya adalah gurun. Yaitu sebuah tempat yang tak mendapatkan asupan air yang cukup sehingga terlihat kering dan gersang. Dimana sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah hamparan pasir kering yang panas. Gurun ini menjadi ekosistem beberapa jenis hewan salah satunya adalah ular piton.

  1. Tundra

Menjadi salah satu ekosistem dingin yang terletak dengan kutub dan pegunungan tinggi. Diketahui musim panas yang ada di tundra ini sangat singkat. Menjadi ekosistem atau tempat hidup hewan seperti Karibu yang bisa bertahan hidup di wilayah yang keras tersebut.

  1. Tundung es

Menjadi satu ekosistem yang terletak sangat dekat dengan kutub Bumi. Memiliki lingkungan es yang sangat dingin membuat ekosistem ini hanya bisa dihuni oleh para hewan yang sudah beradaptasi saja. Seperti misalnya penguin raja di antartika.

Lalu Apa Saja Komponen Ekosistem Tersebut?

Ekosistem baru terbentuk jika komponen pembentuknya sudah terpenuhi dengan baik.

Yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik sendiri merupakan seluruh komponen yang tinggal di ekosistem tersebut dari mulai tingkat taksonomi paling rendah hingga yang paling tinggi. Sedangkan untuk komponen abiotik terdiri dari seluruh benda fisik, kimia serta nutrisi yang terbentuk dalam kurun waktu tertentu dan menjadi penopang kehidupan unsur biotik.

Satu sama lainnya saling mendukung sehingga tercipta sebuah ekosistem dengan unsur sel hewan hidup dan tumbuhan di dalamnya. Itulah ulasan singkat tentang jenis ekosistem yang harus Kita kenal beserta dengan komponen pembentuknya. Semoga bermanfaat.